1. Pengertian Manajemen

Management GIFs - Get the best gif on GIFER

manajemen adalah proses yang dinamis, yang senantiasa berubah sesuai dengan tuntutan perkembangan. Manajemen merupakan proses mengorganisir sumber-sumber untuk mencapai tujuan dimana arah tujuan yang akan dicapai ditetapkan berdasarkan visi, misi, filosofi organisasI.

2. Prinsip dasar manajemen keperawatan

Prinsip-prinsip yang mendasari manajemen keperawatan adalah :

  1. Manajemen keperawatan seyogianya berlandaskan perencanaan karena melalui fungsi perencanaan, pimpinan dapat menurunkan resiko pengambilan keputusan, pemecahan masalah yang afektif dan terencana.
  2. Manajemen keperawatan dilaksanakan melalui penggunaan waktu yang efektif. Manajer keperawatan menghargai waktu akan menyusun perencanaan yang terprogram dengan baik dan melaksanakan kegiatan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan sebelumnya.
  3. Manajemen keperawatan akan melibatkan pengambilan keputusan berbagai situasi maupun permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan kegiatan keperawatan memerlukan pengambilan keputusan di berbagai tingkat manajerial.
  4. Memenuhi kebutuhan asuhan keperawatan pasien merupakan fokus perhatian manajer keperawatan dengan mempertimbangkan apa yang pasien lihat, fikir, yakini dan ingini . Kepuasan pasien merupakan point utama dari seluruh tujuan keperawatan.
  5. Manajemen keperawatan harus terorganisir. Pengorganisasian dilakukan sesuai dengan kebutuhan organisasi untuk mencapai tujuan.
  6. Pengarahan merupakan elemen kegiatan manajemen keperawatan yang meliputi proses pendelegasian, supervisi, koordinasi dan pengendalian pelaksanaan rencana yang telah diorganisasikan.

Berdasarkan prinsip-prinsip diatas maka para manajer, administrator dan bawahan seyogianya bekerja bersama-sama dalam merencanakan dan pengorganisasian serta fungsi-fungsi manajemen lainnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

3.Lingkup Manejemen Keperawatan

Manajer keperawatan yang efektif seyogianya memahami hal ini dan mampu memfasilitasi pekerjaan perawat pelaksana meliputi : menggunaan proses keperawatan dalam setiap aktivitas asuhan keperawatannya, melaksanakan intervensi keperawatan berdasarkan diagnosa keperawatan yang ditetapkan, menerima akuntabilitas kegiatan keperawatan dan hasil-hasil keperawatan yang dilaksanakan oleh perawat, serta mampu mengendalikan lingkungan praktek keperawatan.

Detail Animasi Bergerak Perawat Koleksi Nomer 27

(Gambar perawat dan pasien)

  1. Manajemen Layanan/Operasional

Pelayanan keperawatan di rumah sakit dikelola oleh bidang perawatan yang terdiri dari tiga tingkatan menajerial dan setiap tingkatan dipimpin oleh seseorang yang mempunyai kompetensi yang relevan.

  1. Manajemen asuhan keperawatan

Manajemen Asuhan Keperawatan adalah suatu proses keperawatan yg menggunakan konsep-konsep manajemen di dalamnya seperti : perencanaan, pengorganisasan, implementasi, pengendalian dan evaluasi. Manajemen asuhan keperawatan ini menekankan pada penggunaan proses keperawatan dan hal ini melekat pada diri seorang perawat. Setiap perawat dalam melaksanakan tugasnya harus menggunakan proses keperawatan untuk mencapai tujuan asuhan keperawatan pasien.

4.Tujuan manajemen Keperawatan

  1. Mengarahkan seluruh kegiatan yang direncanakan
  2. Mencegah/mengatasi permasalahan manajerial
  3. Pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan efisien dengan melibatkan seluruh komponen yang ada
  4. Meningkatkan metode kerja keperawatan sehingga staf perawatan bekerja lebih efektif dan efisien, mengurangi waktu kerja yang sia-sia, mengurangi duplikasi tenaga dan upaya.
▷ Kesehatan: Gif Gambar Animasi & Animasi Bergerak - 100% GRATIS!

(Gambar perawat dan dokter)

5. Prinsip-Prinsip manajemen Keperawatan

Supaya manajemen dapat berjalan sesuai dengan harapan dan mencapai tujuan organisasi, maka pemahaman tentang prinsip-prinsip manajemen sangatlah dibutuhkan. Ada tujuh prinsip manajemen yang harus Anda ketahui, yaitu: perencanaan, penggunaan waktu yang efektif, pengambilan keputusan, pengelola/pemimpin, tujuan sosial, pengorganisasian dan perubahan. Berikut dibawah ini akan dijelaskan maksud dari prinsip-prinsip manajemen tersebut.

1.Perencanaan (Planning). Perencanaan adalah fungsi dasar dan pertama dalam manajemen (the first function of management). Semua fungsi manajemen tergantung dari perencanaan.

2.Penggunaan Waktu Efektif (Effective utilization of time). Penggunaan waktu efektif berhubungan dengan pola pengaturan dan pemanfaatan waktu yang tepat dan memungkinkan berjalannya roda organisasi dan tercapaianya tujuan organisasi.

3.Pengambilan keputusan (Decision making). Pengambilan keputusan adalah suatu hasil atau keluaran dari proses mental atau kognitif yang membawa pada pemilihan di antara beberapa alternatif yang tersedia yang dilakukan oleh seorang pembuat keputusan.

Strategic Materials Management – eTraining Indonesia

(Gambar manager berdiskusi)

4.Pengelola/Pemimpin (Manager/leader). Manajer yang bertugas mengatur manajemen memerlukan keahlian dan tindakan nyata agar para anggota menjalankan tugas dan wewenang dengan baik.

5.Tujuan sosial (Social goal). Manajemen yang baik harus memiliki tujuan yang jelas dan ditetapkan dalam bentuk visi, misi dan tujuan organisasi.

6.Pengorganisasian (Organizing). Pengorganisasian adalah pengelompokan sejumlah aktivitas untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Penugasan pada masing-masing kelompok dilakukan berdasarkan supervisi, ada koordinasi dengan unit lain baik secara horizontal maupun secara vertikal.

7.Perubahan (Change) adalah proses penggantian dari suatu hal dengan yang lainnya yang berbeda dari sebelumnya

6. Perbedaan Manajer dan Leader keperawatan

▷ Pekerja Kantor: Gif Gambar Animasi & Animasi Bergerak - 100% GRATIS!

(Gambar manajer dan leader)

ManajerLeader
Posisi formal sesuai struktur organisasiSeringkali tanpa kewenangan yang didelegasikan tapi memiliki power
Mempunyai sumber power yang terlegitimasiMempunyai peran yang lebih beragam
Melaksanakan fungsi, tugas, dan tanggung jawab tertentuBisa bukan dari organisasi formal
Menekankan pada kontrol, pembuatan keputusan, analisa keputusan, dan hasilFokus pada proses kelompok, pengumpulan info, umpan balik, pemberdayaan yang lain
Memanipulasi orang, lingkungan dan waktu dan sumber lain untuk mencapai tujuan organisasiMenekankan pada hubungan interpersonal
Tanggung jawab akuntabilitas formal lebih besar daripada leaderMempunyai pengikut yang suka/suka rela
Mempunyai bawahan langsung yang suka dan tidak sukaMempunyai tujuan yang mungkin atau tidak merefleksikan organisasi tersebut

7.Pengertian kepemimpinan

Kepemimpinan adalah kemampuan membuat seseorang mengerjakan apa yang tidak ingin mereka lakukan dan menyukainya (Truman dalam Gillies, 1996). Kepemimpinan merupakan penggunaan keterampilan mempengaruhi orang lain untuk melaksanakan sesuatu dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kemampuannya.

Doctor Sticker by Jetty for iOS & Android | GIPHY